Header Ads

Belajar jQuery Part 1 : Pengenalan jQuery

PENGERTIAN

JQuery adalah library framework Javascript. JQuery merupakan pengembangan dari javascript yang dibuat untuk memudahkan kita ketika membuat sebuah website dan ingin membuat efek-efek dan keperluan penggunaan javascript lainya didalam pengembangan sebuah website. Sintaks pada jQuery didesain untuk memudahkan dalam navigasi sebuah dokumen, pemilihan elemen DOM, pembuatan animasi, penanganan event, dan pengembangan aplikasi berbasis Ajax. jQuery juga menyediakan kemampuan bagi para pengembang untuk dapat membuat plug-in pada pustaka JavaScript ini. Ini memungkinan mereka untuk membuat abstraksi pada interaksi dan animasi tingkat-rendah, efek lanjutan, serta tampilan widget yang dapat dimodifikasi. Pendekatan modular pada jQuery memungkinkan kita dalam pembuatan halaman Web yang dinamis dan aplikasi berbasis Web yang ajib.


LATAR BELAKANG


Hampir semua programer menggunakan JQuery sebagai pengganti javascript. Artinya developer tidak perlu khawatir mengetikkan syntax javascript yang terbilang cukup panjang dan agak rumit untuk membuat sebuah event. Oleh karna itu banyak yang aktif menggunakan JQuery karena JQuery adalah kembangan dari javascript.

MAKSUD DAN TUJUAN

Jquery diciptakan untuk mempermudah pengembangan javascript. oleh karena itu di ciptakan jquery jadi tidak usah ribet ribet menulis script javascript. Sebagai contoh Untuk mencari sebuah element HTML , dengan Javascript Kita menggunakan fungsi :
getElementByid();

var x  = document.getElementByid("tombol");

Dengan javascript,penulis jauh lebih singkat :

var x $("tombol");

KELEBIHAN JQUERY
Berikut ini adalah kelebihan jQuery :
  • Lebih mudah dimengerti
  • Lebih ringan 
  • Free
  • Mudah digunakan 
  • Memiliki hasil yang bagus  
 CARA MENGGUNAKAN JQUERY 
Ada 2 cara menggunakan JQuery , yaitu :
  • Menggunakan JQuery secara Online : Dengan cara Mengabungkan ke file html http://jquery.com/ dan masukan kedalam script html.
  • Mengguankan JQuery secara Ofline : Dengan cara Mendownload file http://jquery.com/ dan taruh ke satu folder .


 <!DOCTYPE html>
<html>
<head>
            <title>Tutorial JQUERY </title>
            <script type="text/javascript" src="lokas file jquery"></script>
</head>
<body>

</body>
</html>

perhatikan pada contoh berikut ini . jika secara offline :
<script type="text/javascript" src="lokas file jquery"></script>
MENGGUNAKAN JQUERY SECARA ONLINE
Seperti pada situs resminya Untuk menghubungkan file html atau php dengan Jquery secara online menggunakan cara seperti berikut :

<script src="//code.jquery.com/jquery-3.1.1.min.js"></script>
Ketika menggunakan cara ini sobat harus terhubung dengan internet karena file terletak di server jquery

Atau juga bisa menghubungkan file jquery bukan lewat website resminya tetapi menghubungkanya dengan link yang disediakan google
<script src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.11.3/jquery.min.js"></script>

Atau JQuery yang disediakan oleh microsoft
<script src="http://ajax.aspnetcdn.com/ajax/jQuery/jquery-1.11.3.min.js"></script>

KESIMPULAN
Jadi JQuery adalah sebuah library framework javascript yang berfungsi untuk memudahkan kita dalam penulisan javascript tetapi memilki hasil yang menarik inilah JQuery . Special thanks untuk para pengembang JQuery karena sudah memberikan framework ini secara gratis. Sekian tutorial kali ini akan dilanjutkan pada tutorial berikutnya

No comments

Powered by Blogger.