Header Ads

Pengertian Data Table

Data Table


Pengertian 
Plug-in datatable adalah plugin yang di banggun dari jQuery untuk menampilkan data dalam bentuk table dan sudah terintregasi dengan tombol search/ from pencarian dan pagination untuk penomoran data pada table . sehingga kita tidak perlu lagi membuat form pencarian pada data . dan juga kita tidak perlu lagi membuat pagination dan from pencarian pada table data.

Tentu saja kita akan tidak memakan banyak waktu jika kita menggunakan plug-in jquery datatable kita tidak perlu lagi repot-repot membuat search form dan pagination pada table secara manual . dan kita tinggal menghubungkan file dengan plug-in datatable dan kemudian memangil dengan fungsi datatable .


Data Tables adalah Plug-in untuk jQuery / perpusatakan javascript. ini adalah plug-in yang sangat fleksibel , progresif dan akan menambahkan kontrol intraksi canggih unutk setiap tabel HTML.


Fiture
  • Terdiri dari : Pagination , pencarian instan dan multi-kolom ,
  • Mendukung hampir semua sumber data : DOM , Javascript , Ajax dan Pemrosesan di sisi server 
  •  Terdiri dari beberapa tema : DataTables , jQuery UI , Bootstrap dan Lain - lain.
  • Berbagai ekstensi / pilihan yaitu : Editor , Buttons , FixedColumns dan lain- lain. 
  • Selengkpnya >> 

Cara Menginstall Plugin jQuery Data Table


Tahap awal yang harus kita lakukan untuk memulai menggunakan plug-in datatable adalah Download dulu plug-in nya di situs remin data table : https://www.datatables.net/ , Karena plug-in datatable di bangun menggunakan jquery maka kita juga memerlukan library jquery .



Untuk bisa menggunakan plug-in datatable kita harus menghubungkan dulu dengan file library jquery dan plugin datatable nya .

Cara Menggunakan DataTable 
Setelah selesai menghubungkan file-file yang kita perlukan seperti bootstrap , jquery dan plugin jquery datatables, kemudian kita tinggal membuat table yang berisi data , datanya di sini saya buat asal - asalan untuk contoh saja .
datatables pun siap , sudah terdapat form pencarian dan pagination yang teman-teman gunakan langsung , untuk pengaturan lebih lanjut teman-teman bisa melihat dan mencoba nya pada panduan penggunaanya plugin jquery datatables yang telah di sediakan pada situs resminya . https://www.datatables.net/ecamples/index. 
 

No comments

Powered by Blogger.