Header Ads

Pengenalan Mysql

Latar Belakang 
 
Mysql Merupakan software database open source ynag paling populer di dunia , dimana saat ini digunakan lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia , dengan kehandalan , kecepatan dan kemudahan penggunaanya , Mysql menjadi pilihan utama bagi banyak pengembang softawe dan aplikasi baik platform web maupun destop , pengguna Mysql tidak hanya sebatas pengguna perseorangan maupun perusahan kecil , namun perusahaan seperti Yahoo ! , Alcatel-Lucent , Google , Nokia  , Youtube , Wordpress dan Facebook juga merupakan pengguna Mysql .

Pengertian

Basis data atau database adalah kumpulan informasi yang di simpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat di periksa menggunakan sutau program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut . Data base di gunakan untuk menyimpan informasi atau databases yang terintregasi dengan baik di dalam komputer .

DBMS
Database Management System merupakan suatu sistem peragnkat lunak yang memungkinkan user untuk membuat , memelihara , mengontrol , dan mengakses database secara praktis dan efisien . Dengan DBMS , user akan lebih mudah mengontrol , dan mengakses databases secara praktis dan efisien . Dengan DBMS , user akan lebih mudah mengontrol dan memanipulsai data yang ada.

RDBMS
Relationship Database Management System merupakan salah satu jenis DBMS yang mendukung adanya relationship atau hubungan antar tabel . Disamping RBDMS , terdapat jenis DBMS lain , misalnya Hierarchy DBMS , Object Oriented DBMS , dsb.

Beberapa software atau perangkat lunak DBMS yang sering digunakan dalam aplikasi program antara lain :



Beberapa istilah Database

Table
Sebuah table merupakan kumpulan data (nilai) yang terintrogasi ke dalam baris (record) dan kolom (field). masing-masing kolom memiliki nama yang spesifik dan unik .

Field
Field mrupakan kolom dari sebuah table . Field memiliki ukuran type data tertentu yang mengunakan bagaimana data nantinya tersimpan.

Record
Field merupakan sebuah kumpulan nilai yang saling terkait .

Key
Key Merupakan suatu field yang datapt di jadikan kunci dalam opersi table , Dalam konsep databases, key memiliki banyak jenis diantara Primary Key , Foreign Key , Composite Key , Dll .

SQL
SQL atau Structured Query Language Merupakan suatu bahasa (language) yang di gunakan untuk mengakses database . SQL sering disebut juga sebagai query.

Konsep Database

Dalam konsep database , urutan atau hierarki database sangatlah penting . Urutan atau hierarki database digambarkan dalam gambar sbb:



MySQL

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL atau DBMS yang Multithread, Multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia . MySQL AB Membuat MySQL tersedia sebagi perangkat lunak gratis lisensi GNU General Public LIcense (GPL), tetapi mereka juga menjual di bawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaanya tidak cocok dengan penggunaaan GPL.

TIdak Seperti PHP atau Apache yang merupakan softawere yang di kembangkan oleh komunitas umum , dan hak cipta untuk kode sumber di miliki oleh penulisnya masing-masing , MySQL di miliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan masing-masing

Struktur Sistem DBMS
Sebuah system pengelola basis data (DBMS) terbagi atas modul-modul yang masing-masing memiliki tanggung jawab dalam membentuk struktur system keseluruhan. Umumnya DBMS memiliki sejumlah komponen fungsional (modul) :
a. File Manager
Mengelola alokasi ruang dalam disk dan struktur data yang dipakai untuk merepresentasikan informasi yang tersimpan dalam disk.
b. Database Manager
Menyediakan interface antara data low level yang ada di basis data dengan program aplikasi dan query yang diberikan ke system.
c. Query Processor
Menerjemahkan perintah-perintah dalam query language ke perintah low level yang dapat dimengerti oleh database manager.
d. DML Precompiler
Mengkonversi perintah DML yang ditambahkan dalam suatu program aplikasi ke pemanggilan prosedur dalam bahasa induk.
e. DDL Compiler
Mengkonversi perintah-perintah DDL kedalam sekumpulan table yang mengandung metadata. Table-tabel ini kemudian disimpan dalam kamus data.

No comments

Powered by Blogger.