Header Ads

Belajar PHP Part 23 : Pengertian dan Cara Penulisan Struktur Logika IF dalam PHP

Struktur kontrol pertama yang akan kita bahas adalah struktur logika IF. Di dalam tutorial belajar PHP kali ini kita akan mempelajari Pengertian dan Cara Penulisan Struktur IF dalam PHP.


 
Pengertian Struktur IF dalam PHP
Pengertian Struktur IF dalam bahasa pemograman adalah sebuah struktur logika untuk membuat percabangan alur program. Secara sederhananya, dengan menggunakan struktur IF kita dapat mengatur apakah sebuah perintah akan dijalankan atau tidak tergantung kepada kondisinya.

Sebagai contoh kita ingin membuat program sederhana, jika nama user adalah “Bima”, maka tampilkan kata “Selamat Datang, Bima”. Berikut adalah penulisannya di dalam PHP :

<?php
   $nama="Bima";

   if ($nama=="Bima")
   echo "Selamat datang Bima, di blctelkom...";
?>

Jika anda jalankan kode program diatas, maka di web browser akan tampil “Selamat datang Bima, di blctelkom...”, namun apabila anda mengganti kode program diatas menjadi:

<?php
   $nama="Zainuidn";

   if ($nama=="Bima")
   echo "Selamat datang Bima, di blctelkom...";
?>

Maka tidak akan ada tampilan apa-apa di dalam web browser.

Struktur logika IF setidaknya membutuhkan 2 inputan, yaitu ekspresi logika (expression) dimana berisi kondisi yang harus dipenuhi, dan perintah yang akan dijalankan (statement) jika kondisi logika tersebut terpenuhi.

Berikut adalah struktur dasar penulisan alur logika IF dalam PHP:

if (expression)
statement

Expression dalam hal ini adalah kondisi yang harus dipenuhi agar statement dapat dijalankan. Hasil dari expression harus tipe boolean. Selama hasil expression bernilai TRUE, maka statement akan dijalankan, namun jika nilainya FALSE, maka statement tidak akan dijalankan.

Dalam pembuatan program, biasanya digunakan operasi perbandingan sebagai expression. Pada contoh kita pertama, expression kita adalah $nama==”Bima”, yang bermaksud bahwa jika isi variabel $nama sama dengan “Bima” maka jalankan perintah echo.

Namun expression IF ini tidak harus berupa operasi perbandingan, namun bisa berupa variabel, yang selama hasilnya adalah TRUE, maka statement akan dijalankan. Perhatikan contoh berikut ini:

<?php
   if (TRUE)
   echo "Selamat datang Bima, di blctelkom...";
?>
Jika anda menjalankan program tersebut, kalimat “Selamat datang Bima, di blctelkom…” akan selalu tampil di web browser, karena kondisi IF akan selalu terpenuhi.


Aturan Penulisan Struktur IF dalam PHP

Penulisan sederhana dari struktur if adalah sebagai berikut:
   
<?php
   if (expression)
      statement;
?>

Expression ditulis di dalam tanda kurung, dan tidak diikuti dengan titik koma(;).

Apabila statement yang ingin dijalankan terdiri dari 2 baris atau lebih, kita harus memberikan tanda kurung kurawal untuk menandai statement yang berhubungan dengan kondisi IF. Berikut contoh strukturnya:
   
<?php
if (expression)
{
   statement1;
   statement1;
}
?>

Tanda kurung kurawal menandakan blok perintah yang dijalankan jika expression bernilai true.

Kita juga bisa membuat beberapa logika IF sekaligus untuk berbagai situasi:
   
<?php
if (expression1)
{
   statement1;
   statement2;
}
if (expression2)
{
   statement3;
   statement4;
}
?>

Untuk kasus yang lebih spesifik, kita bisa membuat struktur IF didalam IF, atau dikenal dengan nested IF, seperti contoh berikut:
   
if (expression)
{
   statement1;
   if (expression)
   {
      statement1;
   }
}
?>

Seberapa banyak kondisi IF didalam IF (nested) tidak dibatasi dalam PHP, namun perlu diperhatikan penggunaan tanda kurung kurawal sebagai penanda bagian dari IF. Jika anda membuat struktur IF yang kompleks, tanda kurung kurawal ini akan membuat bingung jika tidak dikelola dengan benar. Kesalahan penutupan kurung kurawal akan membuat program tidak berjalan sesuai dengan keinginan.



Alternatif Penulisan Struktur Logika IF
Selain menggunakan tanda kurung kurawal sebagai tanda awal dan akhir IF, PHP menyediakan cara penulisan lain untuk menandai akhir perintah IF, yaitu diawali dengan tanda titik dua (:) dengan diakhiri dengan endif.

Berikut adalah format dasar penulisan IF:
  
<?php
if (expression) :
   statement1;
   statement1;
endif
?>

Perbedaan mendasar tentang cara penulisan ini ada di tanda titik dua (:) setelah penulisan expression, dan kata kunci endif di akhir statement.

Anda bebas menggunakan format penulisan logika IF yang disediakan. Beberapa programmer menggunakan alternatif penulisan IF dengan endif ini, karena dianggap lebih rapi.

Struktur logika IF ini juga memiliki percabangan kedua seandainya kondisi expression tidak terpenuhi. Dalam tutorial selanjutnya kita akan mempelajari struktur logika ELSE.

No comments

Powered by Blogger.